Jumat, 15 Nov 2019, WITA
11
Rabu, 22 Mei 2019, 10:17:24 WIB
Humas Perindagkopukm , Kategori : Seputar Indagkop, 841 View

Ujoh Bilang, Mahulu (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, menggelar Diklat Peningkatan Kapasitas Usaha melalui kelembagaan koperasi agar SDM pegurusnya lebih meningkat.


"Setelah mengikuti diklat ini, saya harapkan para peserta mampu mengembangkan koperasinya dan meningkatkan jiwa kewirausahaan serta mengaplikasikan teori yang diberikan narasumber," ujar Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Y Juan Jenau ketika membuka diklat yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Ujoh Bilang, Selasa.

Diklat diikuti puluhan pengurus koperasi, Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam dan sejumlah pendamping desa/kampung.

Dia mengatakan apabila pengurus koperasi dan pengurus BUMKam mampu mengembangkan usahanya, kemudian termotivasi dalam meningkatkan kapasitas kelembagaanya, diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan anggota secara khusus dan masyarakat Mahulu secara umum.

Untuk peserta dari pengurus koperasi dan BUMKam, ia mengharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan usaha yang dijalankan, termasuk meningkatkan profesionalistasnya sehingga baik koperasi maupun BUMKam terus berkembang sesuai dengan yang dicita-citakan saat pendiriannya.

Ia melanjutkan, keberadaan koperasi di tengah masyarakat banyak memberikan manfaat dalam peningkatakan ekonomi. Apalagi filosofi dasar pembentukan koperasi adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih maju, adil, dan makmur.

Dilihat dari sisi pengembangan usaha mikro, kata dia, maka koperasi merupakan badan hukum atau badan usaha yang kegiatannya dilandaskan pada asas kekeluargaan.

Menurut dia, tentu saja hal ini sangat relevan diterapkan di Kabupaten Mahulu, karena karakteristik budaya Mahulu yang mengedapankan asas kekeluargaan dan gotong royong, bahkaan hal ini sudah berlangsung secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

Menurutnya, ini membuktikan bahwa koperasi sesungguhnya memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan kapasitas usaha di Mahulu. Hal ini juga merpakan cermin dari turunan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mahulu terpilih, terutama pada poin dua.

"Poin dua visi misi itu adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam, memberdayakan usaha ekonomi kecil menengah berbasis kerakyatan dan perluasan lapangaan kerja, termasuk pengembangan ekonomi kreatif berbasis pariwisata dan kearifan lokal," kata Juan.

 

sumber : https://kaltim.antaranews.com/berita/55804/disperindag-kaltim-gelar-diklat-koperasi-di-mahulu



Kamis, 04 Apr 2019, 10:17:24 WIB Oleh : Humas Perindagkopukm 907 View
Kunjungan Peserta Forum Perangkat Daerah ke Sentra IKM
Kamis, 04 Apr 2019, 10:17:24 WIB Oleh : Humas Perindagkopukm 177 View
Penandatangan Nota Kesepakatan Forum Perangakt Daerah 2019
Kamis, 04 Apr 2019, 10:17:24 WIB Oleh : Humas Perindagkopukm 348 View
Pembukaan Forum Perangkat Daerah Indagkop 2019



Tuliskan Komentar

Rakor Indagkop Tahun 2018 Senin, 13 Agu 2018 - Dilihat 583 Kali