Sabtu, 15 Des 2018, WITA
Kamis, 20 Sep 2018, 10:42:22 WIB
Eka Wahyuni Hersetya wati, Kategori : Artikel Indagkop, 242 View

SAMARINDA — Sulam Tumpar menjadi salah satu fashion terkini yang sedang menjadi trendsetter tidak hanya dikalangan remaja saja melainkah sampai kekalangan orangtua. Sulam Tumpar merupakan kerajinan khas Kalimantan Timur tepatnya dari Kabupaten Kutai Barat. Benang wol menjadi bahan dasar dalam menyulam setiap helai warna-warni benang yang akan membentuk suatu bentuk. Misalnya bentuk naga, bentuk ayam, bentuk corak dayak dan berbagai bentuk lainnya. Kini sulam tumpar tidak hanya digunakan untuk mempercantik pakaian saja yang bisanya sering ditambahkan pada kain ulap doyo khas Kutai Barat.

Tampil kece dengan tas sulam tumpar khas Kutai Barat. Namun sekarang sulam tumpar dapat ditemukan pada tas ataupun berbagai aksesoris yang eyecatching dengan outfitsehari-hari. Dijumpai pada stand Dekranasda Kutai Barat di Kaltim Expo 2018, sulam tumpar menjadi salah satu incaran para pengunjung yang datang. Dan cukup dengan merogoh kocek kisaran Rp 75.000 hingga Rp 300.000 para pengunjung sudah dapat membawa pulang berbagai barang dengan sentuhan sulam tumpar.

Kalung sulam tumpar dengan berbagai bentuk. Ada bentuk burung, corak dayak, dan bunga. Kalian suka yang mana ? Harapannya dengan menampilkan berbagai kerajinan khas disetiap masing-masing Kabupaten/Kota dapat menjadi daya tarik dan daya jual dalam meningkatkan perekonomian terkhusus bagi usaha kecil mikro menengah atau UMKM.

(DISKOMINFO/Lely)

sumber : diskominfo.kaltimprov.go.id



Selasa, 21 Agu 2018, 10:42:22 WIB Oleh : Eka Wahyuni Hersetya wati 198 View
Harga Ayam dan Telur Mulai Normal


Tuliskan Komentar

Rakor Indagkop Tahun 2018 Senin, 13 Agu 2018 - Dilihat 156 Kali