SEKILAS INFO
Sekilas Info
*Selamat datang di website baru kami, nikmati segala kemudahan dalam pencarian informasi yang kami sajikan.
FASILITASI INKUBATOR INDUSTRI DAN BISNIS DI KOTA BALIKPAPAN

 

                   

 

Klik foto untuk memperbesar.

 

Tujuan dan Sasaran

Inkubator Bisnis didirikan sebagai upaya memperlancar proses penciptaan usaha-usaha baru. Inkubator Bisnis diharapkan dapat menjadi salah satu institusi yang akan menumbuhkan kemandirian masyarakat dan diharapkan dapat menjadi salah satu ujung tombak dalam upaya mendorong serta memelihara kemandirian dan mampu menjadi mediator untuk mendorong tercipta dan tumbuhnya kesejhteraan masyarakat (social wealth creation).

 

Lingkup dan Topik Kajian

Ruang lingkup besar yang ditetapkan sebagai ruang lingkup kajian, yaitu :

  1. Perencanaan sistem kewirausahaan.

  2. Penyusunan strategi usaha.

Aspek yang akan menjadi perhatian dan pengkajian ini adalah ;

  1. Penyusunan proram usaha.

  2. Strategi pengembangan usaha.

Kedua hal tersebut membuat di operasionalisasikan sebaai berikut :

  1. Melakukan pendokumentsian sistem dan kegiatan.

  2. Melakukan analisan dan pengembangan model organisasi dan sistem kerja Inkubator Bisnis.

  3. Melakukan perancangan sistem-sistem dan prosedur-prosedur baru yang dibutukan untuk mengembangkan kemampuan lembaga sesuai dengan peran yang diembannya,

 

Fasilitas dan Layanan

Sebagai sebua lembaga, Inkubator Bisnis perlu menetapkan perncanaan strategis melalui pernyataan misi, tujuan, peran dan program berikut :

  1. Misi

Menghasilkan pelaku usahab aru dan perusahaan bisnis mula melalui pemberian pelayanan dan fasilitas yang diperlukan dalam turut serta mendorong tumbuh kembangnya ekonomi daerah.

  1. Tujuan

  • Memperkenalkan dan mengembangkan pendidikan kewirausahaan.

  • Membantu proses penciptaan usaha.

  • Mempromosikan budaya yang kondusif untuk berkembangnya kewirausahaan bagi masyarakat.

  • Menciptakan jejaring kerjasama bagi industri, sektor swasta dan pelaku usaha.

  1. Peran

  • Memfasilitasi pendirian usaha baru bagi masyarakat

  • Mempersiapkan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan.

  • Menghasilkan perusahaan yang inovatif dan beretika dalam memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

  • Peningkatan kerja bersama, penggunaan fasilitas dan penciptaan sinergi dari jejaring pengembangan kewirausahaan.

 

Dalam melaksanakan perencanaan strategis, Inkubator Bisnis memberikan pelayanan usaha sebagai berikut :

  1. Menyediakan infrastruktur perkantoran bersama

  2. menyediakan platform pertemuan antara wirausaha dengan penyedia jasa layanan melalui Forum Diskusi Bulanan Pengembangan Usaha.

  3. Menyediakan akses bagi jaringan mutra aliansi, sumber-sumber permodalan dan jejaring kerjasama.

  4. Menyediakan asisten dan mentor-mentor bisnis dari kalangan praktisi bisnis menyangkut konsultasi teknis dan manajemen perusahaan, teknologi, proses produksi, pemasaran, dll.

  5. Laynan bisnis seperti masalah administrasi perusahaan, laynan kesekretariatan dan akuntansi, masalah legal dan masalah hak atas kekayaan intelektual.

  6. Menyediakan akses informasi bagi instusi finansial, undustri, pemili modal, dan warga masyarakat yang ingin mencari otensi-potensi usaha baru yang dikelola oleh Inkubator Bisnis.

 

Program Kegiatan

Inkubator Bisnis memiliki program kegiatan yang mendukung kegiatan utama nya sebagai lembaga yang mendorong lahirnya usaha-usaha baru. Kegiatan Inkubator Bisnis memiliki luasan yang sangat lebar, sehingga memerlukan rumusan kegiatan yang baik. Berikut kegiatan-kegiatan Inkubator Bisnis yang dilakukan :

  1. Pertemuan, Seminar, dan Pelatihan

Pertemuan, Seminar dan Pelatihan merupakan acara-acara yang diselenggarakan dalam rangka sosialissasi institusi program-program kerja institusi, penigkatan kapabilitas baik tenant dan staf institusi. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini jejaring kerjasama institusi dapat diperluas, terjalinnya potensi tenant dan kewirausahaan. Di samping itu institusi jgua memperoleh keahlian dan kepakaran serta potensi pemasaran dan pemodalan bagi tenant dan calon tenant serta pemahaman tenant tentang manajemen kegiatan kewirausahaan bertambah.

  1. Pendampingan Usaha Binaan

Merupakan bentuk-bentuk pelayanan usaha yang dilakukan oleh institusi dalam pengembangan kegiatan usaha, monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh staf Inkubator Bisnis sendiri mauun dengan menghadirkan pendamping pakar dalam bidang tertentu yang dibutukhkan tenant, serta pemberian fasilitas kegiatan usaha tenant berupa fasilitas kantor bersama. Pendampingan oleh staf akan dapat memantau kemajuan bagi setiap tenant maupun calon tenant, demikian juga pendampingan oleh pakar yang dibutuhkan terutama dalam bidang pemasaran, akan menciptakan garuah kerja dan keseriusan para tenant dan calon tenant Inkubator Bisnis.

  1. Pengembangan Kegiatan Inkubasi

Pengembangan kegiatan inkubasi, mencakup kegiatan : pengembangan staf internal, melaksanakan evaluasi dan revisi system kerja, pengembangan system, monitoring dan evaluasi, serta pengadaan literature untuk perpustakaan tenant.

Usaha-usaha diatas dalam upaya mendukung proses kegiatan inkubasi di Inkubator Bisnis agar lebih terarah, menambah pengetahuan tenant tentang model, system dan praktek bisnis, juga untuk meningkatkan pemahaman tenant terhadap praktek-praktek bisnis. Dengan demikian kegiatan ini akan dapat memperkuat fungsi dan peran inkubasi usaha yang dilakukan oleh Inkubator Bisnins.

Adapun upaya yang dilaksanakan diatas akan mendukung lebih dikenalnya Inkubator, selain itu juga masyarakat akan mengetahui system inkubasi yang dilaksanakan di Inkubator Bisnis. Diharapakan akan timbulnya ketertarikan masyarakt untuk bergabung dengan incubator Bisnins baik sebagai tenant, maupun sebagai investor, sehingga membuka lebar peluang pengembangan usaha baru Inkubator Bisnis dan tenant Inkubator Bisnis.

  1. Promosi Inkubasi

Kegiatan yang dilakukan dalam promosi inkubasi pada dasarnya adalah sebagai fasilitas untuk mempromosikan inkubasi, mempromosikan jaringan kerjasama, dan mempromosikan tenant pada calon penanam modal.

  1. Penyusunan Instrumen Sistem Inkubasi dan Sistem Kerja

Instrumen-instrumen system inkubasi yang di susun adalah :

  • Proses system inkubasi tenant di kantor Inkubator Bisnis.

  • Kriteria kelayakan penilaian calon tenant (criteria kelayakan ide bisnis, business plan, dan graduate tenant).

  • Standar perencanaan Inkubator Bisnis.

  • Penyusunan standar operasi dalam pelayanan tenant, calon tenant, dan calon investor.

  • Model balas jasa tenant selama dan setelah masa inkubasi.

  • Model penawaran program sponsorship.

Istrumen system kerja internal kantr Inkubator Bisnis yang disusun adalah skema pembagian tugas dan kewenangan untuk karyawan Inkubator Bisnis.

Inkubator bisnis juga dapat berperan dalam penyususnan modul-modul pelatihan dan pendidikan yang diperlukan dalam rangka mendorong tumbuh kembangnya kewirausahaan, diantaranya :

    n
  • Entrepreneurship

  • Hukum bisnis

  • Keuangan financial

  • PErpajakan

  • Manajemen Sumber Daya

  1. Seleksi dan Evaluasi Binaan

Seleksi tenant merupakan kegiatan dalam memilih pelaku usaha mula / Start Up Coorperation yang memiliki potensi yang baik, dikelola oleh manajemen yang baik sehingga diharapkan diperoleh perusahaan yang baik.

  1. Pelatihan Binaan dan Staff Internal

Pelatihan internal dan tenant dilakukan untuk member gambaran kepada tenant dan staf Inkubator Bisnis tentang proses inkubasi di Inkubator Bisnis serta memberikan dasar-dasar pengetahuan bagi staf incubator bisnis dan tenant tentang pengembangan usaha.

  1. Pendampingan Binaan

Pendampingan tenant adalah aktivitas evaluasi monitoring, mentoring, dan peningkatan kapabilitas bisnis tenant incubator bisnis. Aktivitas ini merupakan aktivitas utama incubator bisnis, setiap staf incubator bisnis harus bertindak dan bersikap bahwa setiap usaha yang dalam tanggung jawabnya juga merupakan bisnis, mereka sehingga setiap tindakan dan pengambilan akan mendorong perusahaan menjadi lebih baik.

  1. Sosialisasi dan Kerjasama Inkubator Bisnis dengan Pihak-Pihak Lain

Inkubator berusaha menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang berpeluang untuk saling mendukung dengan Inkubator Bisnis dalam mengembangkan usaha-usaha tenant maupun membangkitkan usaha-usaha baru.

Kontak

Jl. Ruhui Rahayu I No. 70 Ring Road. Telp (0542) 8879220, Fax (0542) 8879220.

                    
SARAN

Masukan saran anda

STATISTIK PENGUNJUNG
Pengunjung hari ini : 30
Hits hari ini : 103
Total pengunjung : 45819
Total Hits : 830696
HUBUNGI KAMI
Jl. Basuki Rahmat No. 55 Kode Pos 75117.
Kotak Pos 1049.
SAMARINDA
E-mail : indagkop.kaltim@gmail.com
Telp (0541) 742482 - 206335 Fax (0541) 742495.
© Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UMKM Provinsi Kalimantan Timur - 2015