SEKILAS INFO
Sekilas Info
*Selamat datang di website baru kami, nikmati segala kemudahan dalam pencarian informasi yang kami sajikan.
P3UKM

PENDAHULUAN

Sebagaimana diamanatkan didalam undang-undang no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun dan menetapkan standar pelayanan dilingkungan masing-masing.

Sebagai implementasi pasal 20 undang-undang pelayanan publik tersebut, maka ditetapkan standar pelayanan publik UPTD. P3UKM pada dinas Perindagkop dan UMKM Prov. Kalimantan Timur, sebagai acuan/panduan bagi penyelenggara dan masyarakat dalam menetapkan standar pelayanan publik.

Standar pelayanan ini dibuat sesuai dengan standar yang berlaku disetiap unit dinas pada umumnya dan kemampuan sumber daya yang dimiliki serta kebutuhan masyarakat maupun kondisi lungkungan agar dilaksanakan dengan baik dan konsisten.

Dalam menerapkan standar pelayanan ini, UPTD. P3UKM pada Dinas Perindagkop dan UMKM Prov. Kalimantan Timur memiliki arah dan tujuan yang sesuai denan visi, misi dan strategi dari tugas pokok dan fungsi unit ini.

Visi

Terwujudnya UPTD. Pusat Pengembangan dan Promosi UKM sebagai pusat inovasi dalam rangka pengembangan industri yang menggunakan bahan baku lokal, profit oriented dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada PAD dengan mengedepankan unsur pelayanan kepada pelaku usaha.

Misi

  1. Memberikan jasa pelatihan, produksi, standarisasi, penelitian, dan bantuan teknis dalam bidang industri kerajinan, serta promosi dan pemasarannya.
  2. Mewujudkan sumberdaya manusia yang profesional.
  3. Menjadikan dunia usaha kecil menengah (UKM) sebagai mitra kerjasama.

Strategi

  1. Mengutamakan pelayanan prima guna pencapaian kepuasan UKM.
  2. Mempercepat pengmbangan industri dan perdagangan bagi UKM untuk berkiprah lebih besar dipasar dalam negeri maupun pasar internasional.

Ruang Lingkup Tugas

Ruang lingkup tugas Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Pengembangan dan Promosi UKM pada Dinas Perindagkop dan UMKM provinsi Kalimantan Timur, sesuai peraturan Gubernur tahun 21 tahun 2009 tentang oraganisasi dan tata unit pelaksana teknis dinas pada Dinas Perindagkop dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur adalah :

  1. Melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang dinas dibidang pengembangan dan promosi usaha kecil menengah.
  2. Penyusunan rencana teknis operasional pengembangan dan promosi usaha kecil menengah.
  3. Pelaksanaan kebijakan teknis operasional pengembangan dan promosi usaha kecil menengah.
  4. Pemantauan evaluasi dan pelaporan pengembangan dan promosi usaha kecil menengah.
  5. Pengelolaan urusan ketata usahaan.
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala badan sesuai dengan tugas dan fugsinya.

Adapun struktur organisasi dan tata kerja UPTD. P3UKM terdiri dari

  1. Kepala UPTD.
  2. Sub bagian tata usaha.
  3. Seksi pengembangan teknis dan desain
  4. Seksi promosi dan pemasaran.

PELAYANAN

UPTD. Pusat Pengembangan dan Promosi UKM pada DInas Perindagkop dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur yang berkaitan dengan retribusi pemakaian kekayaan daerah.

  1. Jenis Pelayanan Pemakaian Kekayaan Daerah Tersebut Antara Lain :
    1. Sewa gedung/aula/asrama
    2. sewa gedung show room.
    3. sewa ruang rapat.
    4. sewa kelas/pelatihan.
    5. sewa kamar mess/asrama.
    6. sewa mesin kayu.
    7. sewa alat pengering kayu.
    8. sewa mesin poles rotan.
    9. sewa mesin pembelah rotan.
    10. sewa mesin anyam rotan.
    11. sewa mesin finishing kayu/rotan.
    12. sewa mesin pembakar keramik besar.
    13. sewa mesin pembakar keramik kecil.
    r
  2. Persyaratan Pelayanan
    1. surat permohonan dari pemohon/masyarakat umum.
    2. surat jawaban dari UPTD P3UKM.

PROSEDUR PENGGUNAAN FASILITAS UPTD. P3UKM

  1. Penerimaan surat permohonan.
  2. Proses administrasi.
  3. Pemeriksaan/pencatatan.
  4. Proses penjadwalan penggunaan fasilitas UPTD. P3UKM.
  5. Penerbitan surat balasan/jawaban.
  6. Penyelesaian administrasi setelah selesai penggunaan fasilitas UPTD. P3UKM.
  7. Arsip/pelaporan.

TARIF/BIAYA PELAYANAN DAN CARA PEMBAYARAN

Biaya/tarif pelayanan penggunaan fasilitas UPTD. P3UKM pada Dinas perindagkop dan UMKM Prov. Kaltim sesuai dengan peraturan daerah Prov. Kalimantan Timur nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha. Sebagai berikut :

NO
NAMA GEDUNG
SATUAN
TARIF
1
Gedung/Ruang Pelatihan Asrama
  Gedung show room 1 ruangan
Rp
500000
,-/hari
  Ruang rapat 1 ruangan
Rp
300000
,-/hari
  Ruang rapat 1 ruangan
Rp
300000
,-/hari
  Ruang kelas/pelatihan 3 ruangan
Rp
250000
,-/hari
  Asrama/mess 14 kamar
Rp
150000
,-/hari
           
2
Peralatan Workshop
 
 
  Mesin kayu 3 unit
Rp
200000
,-/hari
  Alat pengering kayu 1 unit
Rp
250000
,-/m2
  Mesin poles rotan 1 unit
Rp
100000
,-/paket
  Mesin pembelah rotan 1 unit
Rp
100000
,-/paket
  Mesin anyam rotan 1 unit
Rp
250000
,-/ paket
  Mesin finishing kayu/rotan 1 unit
Rp
200000
,-/paket
  Mesin pembakar keramik besar 1 unit
Rp
1750000
,-/1 m2
  Mesin pembakar keramik kecil 1 unit
Rp
1100000
,-/0.5 m2

Adapun cara pembayarannya adalah :

  1. Melalui bendahara penerimaan pembantu.
  2. Pembayaran dianggap sah setelah memiliki produk hasil layanan terutama pelayanan tempat pertemuan, pelatihan, asrama alat-alat workshop dan administrasi.

 

Untuk informasi lebih lanjut bisa ke Jl. D.I. Pandjaitan (Ex. Kesejahteraan) No. 3 Samarinda 75126 atau menghubungi ke nomor Telp/Fax (0541) 770770, 7777934, 7091237, dan ke E-mail uptd_p3ukm@yahoo.co.id. Facebook : Promosi UKM Kaltim.

SARAN

Masukan saran anda

STATISTIK PENGUNJUNG
Pengunjung hari ini : 27
Hits hari ini : 130
Total pengunjung : 44309
Total Hits : 814773
HUBUNGI KAMI
Jl. Basuki Rahmat No. 55 Kode Pos 75117.
Kotak Pos 1049.
SAMARINDA
E-mail : indagkop.kaltim@gmail.com
Telp (0541) 742482 - 206335 Fax (0541) 742495.
© Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UMKM Provinsi Kalimantan Timur - 2015