SEKILAS INFO
Sekilas Info
*Selamat datang di website baru kami, nikmati segala kemudahan dalam pencarian informasi yang kami sajikan.
PENJAMINAN KREDIT DAERAH (JAMKRIDA) KALTIM

Keberadaan PT. JAMKRIDA Kalimantan Timur untuk memberdayakan Koperasi dan UMKM.

Salah satu upaya strategis dalam meningkatkan tarap hidup sebagian besar masyarakat Kalimantan Timur adalah melalui pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, hal ini dimungkinkan karena mengingat jumlah UMKM Kaltim dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Namun disisi lain permasalahan yang cukup lama dihadapi oleh pelaku Koperasi dan UMKM adalah terbatasnya modal usaha baik modal kerja maupun investasi serta minimnya informasi dan akses untuk mendapatkan modal tersebut. Menghadapi kenyataan tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini Bapak Gubernur Pemerintah Kalimantan Timur telah menerbitkan kebijakan baik melalui penetrasi langsung maupun yang bersifat pendukung dan komplementer salah satunya adalah kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Perseroan Terbatas Penjamin Kredit Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Sementara kredit yang telah disalurkan oleh perbankan di Wilayah Kalimantan Timur telah memberikan kontribusinya kepada Koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, namun peluang ini tidak seluruhnya dapat diakses oleh pelaku Koperasi dan UMKM karena tidak terpenuhinya syarat perbankan yaitu ketidakmampuan serta keterbatasan dalam menyediakan jaminan yang akan diagunkan pada bank sedangkan peluang usaha yang dimiliki mempunyai prospek yang cukup baik.

Sebagaimana maksud dan tujuan yang tertuang pada Bab IV Pasal 4 Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Perseroan Terbatas Penjamin Kredit Daerah Provinsi Kalimantan Timur adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pendanaan dan memperlancar dunia usaha guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur melalui kegiatan jasa penjaminan kepada Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah dengan harapan mampu meningkatkan kegiatan ekonomi di Kalimantan Timur serta memberikan kontribusi sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk mewujudkan apa yang menjadi maksud dan tujuan dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Perusahaan Penjamin Kredit Daerah Kalimantan Timur, maka berdasarkan Surat Gubernur Kalimantan Timur Nomor 538.3/9666/Ek tanggal 20 November 2012 Tentang Penunjukan Komisaris Utama dan Direktur Utama PT. Jamkrida Kaltim telah didirikan “PT. JAMKRIDA KALTIM” sesuai Akta Notaris Hasanuddin, SH, M.Hum, M.Kn Nomor 19 tanggal 21 November 2012. Untuk melengkapi kepengurusan PT. Jamkrida Kaltim maka sesuai dengan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 539/K.50/2013 Tanggal 17 Januari 2013 telah ditetapkan susunan pengurus PT. Jamkrida Kaltim sebagai berikut :

Komisaris Utama : Drs. H. M. Djailani

Komisaris : Drs. Djoni Topan, M. Si

Direktur Utama : Ir. H. Agusshohir

Direktur Umum : Drs. Abdul Kadir

Direktur Operasional : Agus Wahyudin, SE

Dalam menjalankan kegiatan usahanya PT. Jamkrida Kaltim memiliki Visi, Misi dan Motto yang harus mencerminkan apa yang menjadi maksud dan tujuan didirikannya Perusahaan Penjamin Kredit Daerah yang tertuang pada BAB IV Pasal 4 dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012. Adapun Visi, Misi dan Motto sebagai berikut :

Visi : 

  • Menjadikan PT. Jamkrida Kaltim sebagai Perusahaan Penjaminan yang terpercaya guna mendukung kegiatan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah sebagai kekuatan ekonomi Kalimantan Timur.

Misi :

  • Meningkatkan kemampuan dan memperlancar kegiatan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui penjaminan kredit guna mendukung pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur

  • Mengelola perusahaan secara profesional dengan menerapkan prinsip – prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara berkesinambungan

  • Meningkatkan kinerja perusahaan agar mendapatkan keuntungan guna lebih maksimal memberikan dukungan kepada Koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah serta memberikan kontribusi kepada pemegang saham dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Motto :

  • Solusi Sukses Usaha Anda

PT. Jamkrida Kaltim memiliki jenis dan bidang usaha penjaminan antara lain, sebagai berikut : 

    1. Penjaminan Kredit Mikro dan Kecil,

    2. Penjaminan Kredit Kontra Bank Garansi

    3. Penjaminan Kredit Konstruksi

    4. Penjaminan Kredit Barang dan Jasa

    5. Penjaminan Kredit Multi Guna

    6. Penjaminan Lingkage Program (Bank – Koperasi dan Anggotanya). 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 99/PMK.010/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.010/2008 Tentang Perusahaan Penjamin Kredit dan Perusahaan Penjaminan Ulang Kredit, PT. Jamkrida Kaltim dapat pula menjalankan jenis bidang usaha sebagai berikut : 

  1. Penjaminan pinjaman yang disalurkan koperasi kepada anggotanya;

  2. Penjaminan kredit dan / atau pinjaman program kemitraan yang disalurkan badan usaha milik negara dalam rangka program kemitraan bina lingkungan (PKBL) ;

  3. Penjaminan penyaluran uangpinjaman dengan jaminan gadai dan fidusia ;

  4. Penjaminan atas surat utang ;

  5. Penjaminan transaksi dagang ;

  6. Penjaminan Pengadaan barang dan / atau jasa (surety bond);

  7. Penjaminan bank garansi (kontra bank garansi);

  8. Penjaminan surat kredit berdokumen dalam negeri (SKBDN);

  9. Penjaminan letter of credit (L/C) ;

  10. Penjaminan kepabeanan (custom bond);

  11. Jasa konsultasi manajemen terkait dengan kegiatan usaha Penjaminan;

  12. Penyediaan informasi/ database Terjamin terkait dengan kegiatan usaha Penjaminan; dan / atau

  13. Penjaminan lainnya setelah memperoleh persetujuan Menteri.

Diharapkan keberadaan PT. Jamkrida Kaltim sebagai Lembaga Penjaminan dapat menjembatani Koperasi dan pelaku UMKM untuk akses ke Perbankan.

Untuk memperoleh informasi tentang PT. Jamkrida Kaltim dapat menghubungi Kantor Pusat kami yang beralamat di Jalan P. Diponegoro RT. 31, No. 2, Samarinda, Kalimantan Timur. Telepon : 0541-731044, Fax : 0541-731044. 

SARAN

Masukan saran anda

STATISTIK PENGUNJUNG
Pengunjung hari ini : 180
Hits hari ini : 505
Total pengunjung : 40321
Total Hits : 772178
HUBUNGI KAMI
Jl. Basuki Rahmat No. 55 Kode Pos 75117.
Kotak Pos 1049.
SAMARINDA
E-mail : indagkop.kaltim@gmail.com
Telp (0541) 742482 - 206335 Fax (0541) 742495.
© Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UMKM Provinsi Kalimantan Timur - 2015