Artikel Indagkop

Belajar Pengelolaan Rumput Laut ke PT Kappa Carrageenan

05/04/2021

SAMARINDA.NIAGA.ASIA-Bisnis rumput laut ternyata sangat potensial dan menguntungkan. Dampaknya pun akan sangat baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan di pesisir.

“Hari ini kita belajar dan melihat langsung pengelolaan industri rumput laut di PT Kappa Carrageenan Nusantara. Ternyata, potensinya luar biasa,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor, di lokasi PT Kappa Carrageenan Nusantara di Desa Kurung, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (31/3/2021).

Rombongan Kaltim terdiri dari para pejabat Disperindagkop dan UKM Kaltim, pengusaha rumput laut dari Samarinda, Samuel  Kurniawan Ang (CV Multi Sarana Jaya) dan Ketua Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) H Adi Buhari Muslim serta Anggota TGUP3 H Abdussamad. Hadir juga peserta dari  Perwakilan BI Kalimantan Timur.

Mereka mendapat penjelasan langsung dari Direktur PT Kappa Carrageenan Nusantara H Hamzah Moch Baabud. Indonesia memiliki potensi rumput laut yang sangat luar biasa dibanding negara lain seperti China dan Filipina, karena Indonesia berada di lintasan garis katulistiwa dengan hanya dua musim.

“China punya rumput laut, tapi mereka punya empat musim. Filipina dulu juga berjaya, tapi menjadi sulit karena konflik di beberapa kawasan laut mereka seperti di Mindanao,” jelas Hamzah meyakinkan potensialnya bisnis rumput laut di Indonesia, termasuk juga Kalimantan Timur.

sumber : https://www.niaga.asia/belajar-pengelolaan-rumput-laut-ke-pt-kappa-carrageenan/

Bagikan artikel ini
Perlu Bantuan, silahkan chat kami!