Seputar Indagkop

Bimtek SAKIP dan Reformasi Birokrasi

26/09/2020

Balikpapan, dalam upaya meningkatkan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Sub Bagian Perencanaan Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Bimtek Sakip dan Reformasi Birokrasi Rabu 23 september 2020 hingga 24 september 2020 di Ruang Rapat Hotel Golden Tulip Balikpapan

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur H.M. Robyan Noor, SE, M.TP sakaligus membuka kegiatan secara resmi

Peserta yang mengikuti Bimtek ini adalah pegawai internal dinas mulai dari pejabat eselon III, eselon IV hingga staf PNS dan Non PNS dilingkungan Disperindagkop dan UKM Prov. Kaltim, pada pembukaan malam (23/11/2020) hadir Kepala Dinas Perindag Kota Balikpapan, Kepala Dinas Koperasi Kota Balikpapan

Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah Ibu Sri Hendrawati dari Biro Organisasi Setda Prov. Kaltim dan Ibu Endah dari Inspektorat Kaltim

Penyelenggaraan bimtek ini bertujuan untuk penyegaran kembali mengenai Sakip, menambah informasi, ide dan gagasan baru dalam penerapannya, sehingga diharapkan mendapatkan nilai terbaik Dalam penerapan SAKIP memiliki 4 tujuan, yaitu perencanaan, lebih berorientasi kinerja dengan skenario evaluasi keberhasilan, pelaporan, lebih berorientasi pada hasil dan sesuai tanggung jawab pada tingkatan unit pelapor, penyelarasan dan pengintegrasian manajemen keuangan dan manajemen kinerja (penganggaran berbasis kinerja), serta mendorong pimpinan melakukan monitoring dan pengendalian. Diharapkan kualitas produk akhir dari Sakip yang berupa Lakip di disperindagkop dapat ditingkatkan lagi agar fungsi dokumen pertangungjawaban ini dapat menjadi acuan dan evaluasi kegiatan di tahun berikutnya

Bimtek di akhiri dengan diskusi tentang rencana kegiatan dan anggaran tahun 2021 pada masing masing bidang dan UPTD di lingkungan Disperindagkop dan UKM

Bagikan artikel ini
Perlu Bantuan, silahkan chat kami!