Seputar Indagkop

Hadi Buka Rakorda Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional

25/11/2021

Dalam menerbitkan sinergi utama terutama bersinergi dalam mengantisipasi sejak dini potensi kenaikan permintaan bahan pokok yang dapat mempengaruhi harga bahan pokok menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Dinas Perindustrian perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional di Samarinda pada tanggal 23 November 2021 di Hotel Bumi Senyiur.

Hadi Mulyadi Wakil Gubernur Kalimantan Timur membuka kegiata Rakorda HBKN ini secara resmi didampingi Danrem 091 ASN, Bupati Kab. Kutai Timur, Wakil Bupati Kab. Kutai Barat. Dalam sambutannya Hadi menuturkan "mengandalikan bahan pokok itu tidak mudah, ketersedian bahan pokok dipengaruhi berbagai sentimen yang berada dimasyarakat seperti hari besar keagaaman seperti yang akan kita hadapi nanti saat natal dan tahun baru. Untuk itu mereka yang bekerja dan berjuang untuk menyediakan bahan pokok adalah pahlawan bagi kita semua".

Pasokan kebutuhan barang pokok untuk Kalimantan Timur didominasi suplay dari Sulawesi dan Jawa Timur, sehingga ketersediaan bahan pokok di Kalimantan Timur sangat tergantung pada jalur distribusi dan kondisi kedua daerah tersebut. Karena itu Rakorda hari ini, sangat penting dan strategis khususnya dalam upaya melakukan pencegahan secara dini serta mngumpulkan data dan informasi dalam rangka stabilitas harga dan menjamin ketersediaan stok barang kebutuhan pokok di Kalimantantan Timur menjelang Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang waktunya sudah dekat

Upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam mengendalikan kegiatan stabilisasi harga dan ketersedian adalah dengan melakukan pemantauan, pengawasan "tiap pukul 7 pagi harga dan stok dipantau oleh Tim monitoring harga dan stok barang kebutuhan pokok di seluruh Kabupaten / Kota di Kaltim dan pukul 10 data tersebut sudah bisa di rilis dan dikirim ke Kementerian Perdagangan" tutur Roby dalam laporan Kepala Dinas pada acara tersebut.

Salah satu upaya lainnya adalah melaksanakan pasar murah di lokasi-lokasi padat penduduk dan daerah-daerah pinggiran yang dikoordinir oleh Dinas yang membidangi Perdagangan di Provinsi dan di Kabupaten Kota. Melaksanakan penetrasi pasar ke pasar rakyat dan ritel modern. Dilakukan dalam bentuk operasi pasar baik oleh kementrian maupun oleh Bulog, sambungnya

Hadir sebagai narasumber dalam rakorda kali ini adalah dari Kementerian Perdagangan Purwandoko, Polda Kaltim, Pertamina Gusti Anggara, Bulog Arrahim.

(Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

http://indagkop.kaltimprov.go.id

#indagkopkaltim #pemprovkaltim

Bagikan artikel ini
Perlu Bantuan, silahkan chat kami!