Artikel Indagkop

Sebanyak 89 Ribu Pelaku UMKM di Kaltim Terima Bantuan Rp214 Miliar dari APBN

05/04/2021

SAMARINDA.NIAGA.ASIA-Dari sekitar 309.000 UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Kalimantan Timur, sebanyak  160.000 UMKM atau lebih dari 50% sejak Maret 2020 terimbas pandemi Covid-19 . Adanya kebijakan pembatasan aktivitas membuat pelaku UMKM terpuruk dan bertahan dalam kondisi sangat sulit.

“Kekuatan ekonomi kita sesungguhnya adalah UMKM. Karena itu, kita harus berjuang keras agar UMKM tetap optimis dan lebih kreatif di masa pandemi ini,” tegas Gubernur Kaltim H Isran Noor dalam banyak kesempatan.

Mengingat kondisi sulit yang dihadapi para pelaku UMKM tersebut, Gubernur Isran Noor lalu menugaskan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim untuk bergerak cepat menyelamatkan.

“Syukur alhamdulillah, setelah melalui perjuangan yang sangat keras, Kaltim memperoleh alokasi APBN sebesar Rp214 miliar untuk UMKM,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim Yadi Robyan Noor, Minggu (28/3/2021).

Alokasi itu sudah diterima dan dimanfaatkan oleh 89.000 UMKM di Kaltim. Masing-masing dari mereka menerima Rp2,4 juta. Bantuan ini merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional  (PEN) melalui Bantuan Presiden Produktif  untuk Usaha Mikro (BPUM) yang disalurkan melalui Kementerian Koperasi. UMKM tersebut meliputi  bidang usaha kerajinan, kuliner, perdagangan, jasa dan pengolahan.

sumber : https://www.niaga.asia/sebanyak-89-ribu-pelaku-umkm-di-kaltim-terima-bantuan-rp214-miliar-dari-apbn/

Bagikan artikel ini
Perlu Bantuan, silahkan chat kami!