Selasa, 19 Jan 2021, WIB
Rabu, 18 Nov 2020, 07:14:10 WIB
Humas Perindagkopukm , Kategori : Seputar Indagkop, 20 View

 

Samarinda - Rapat Koordinasi Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau (SIPAP) Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting digelar di Hotel Mercure Selasa, 17/11/2020 Samarinda Kaltim. Kegiatan ini diikuti oleh pelaku usaha distributor dan Ritel Modern.

Heni Purwaningsih selaku Kepala Bidang Perdagangan menyebutkan Kegiatan Forum Komunikasi Sistem Perdagangan Antar Pulau bertujuan Mensinergikan dan mensosialisasikan pelaksanaan Sistem Perdagangan Antar Pulau kepada seluruh stakeholder terkait, dimana SIPAP ini akan menampilkan informasi perdagangan yang bersumber dari data arus bongkar muat, selain itu juga menampilkan neraca komoditas serta rekapitulasi data laporan manifest Domestik Antar Pulau, Mensosialisasikan kepada para pelaku usaha terutama Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting untuk melakukan pelaporan manifest domestic antar pulau. Dimana data Manifest domestic ini merupakan instrument penting bagi Pemerintah Daerah untuk menyusun neraca produksi dan konsumsi barang yang diantarpulaukan terutama bapok dan barang penting dan optimalisasi SIPAP ini sebagai sistem ketahanan pangan.

H.M. Yadi Robyan Noor membuka kegiatan rapat koordinasi ini secara resmi. "sementara ini perdagangan pangan antar wilayah dengan Provinsi Kalimantan Timur didominasi oleh kegiatan bongkar dan muat bahan kebutuhan pokok dan barang penting yang dipusatkan di PT. Pelabuhan Indonesia (Pesero) cabang Samarinda. Untuk provinsi Kalimantan Timur sendiri sebagian bahan kebutuhan pokok dan barang penting masih dipasok dari luar daerah terutama Jawa Timur dan Sulawesi Selatan"Ujarnya dalam sambutan.

"Saya berharap melalui kegiatan hari ini kita dapat menyamakan persepsi dan meningkatkan kerjasama lebih baik antar instansi terkait untuk terus melakukan monitoring dan bagi pelaku usaha agar dapat melakukan pelaporan data stok dan harga sehingga kita dapat mengetahui apakah terjadi kekurangan atau kelebihan pasokan produksi dan konsumsi di wilayah Kalimantan Timur"

Hadir sebagai narasumber, Immanuel Tarigan S Kasubdit sarana Distribusi dan logistik Kementerian Perdagangan RI.



Rabu, 18 Nov 2020, 07:14:10 WIB Oleh : Humas Perindagkopukm 30 View
Rapat Monitoring dan Evaluasi BPUM
Senin, 12 Nov 2020, 07:14:10 WIB Oleh : Humas Disperindagkop & UKM Kaltim 22 View
Tetap Sehat Dan Produktif Ditengah Pandemi
Senin, 10 Nov 2020, 07:14:10 WIB Oleh : Humas Disperindagkop & UKM Kaltim 15 View
Keberhasilan Dekranasda Kutai Barat Luar Biasa



Tuliskan Komentar

Loading....


Testimoni Peserta Pelatihan Pengolahan Produk Makanan Senin, 23 Okt 2020 - Dilihat 56 Kali